PENERAPAN SUPERVISI KELAS DAPAT MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEDAGOGIK GURU DALAM PROSES MENGAJAR PADA SMP BINAAN DALAM LINGKUP DINAS PENDIDIKAN KEBUPATEN SIMEULUE TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Aham, S. Pd ***)
Pengawas Pendidikan Dinas Pendidikan Kabupaten Simeulue
ABSTRAK. Supervisi kelas membangun kesiapan guru-guru dalam proses pembelajaran. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan teori-teori baru dalam pelakasanaan supervis kelas untuk meningkatkan kemampuan pedagogik guru Dalam Proses Mengajar. Prosedur penelitian melakukan plan, action, ebservation dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah Guru-guru SMP Negeri Binaan dalam lingkup Dinas pendidikan kebupaten Simeulue Berjumlah 40 orang guru pegawai negeri sipil . Hasil penelitian yaitu Siklus I pertemuan ke 1 Hasil persentase kemampuan guru-guru tersebut mencapai 18 orang guru yang dapat dinyatakan tuntas perangkat pembelajaranya dari 40 orang guru. Sehingga guru memilik persentase ketuntasan mencapai 45% tuntas secara klasikal. Pertemuan ke 2 persentase kemampuan dari 40 orang guru menjadi 13 orang guru memahami cara mengajar dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang telah di persiapkan maka nilai persen ketuntasan mencapai 57,5%. Siklus II pertemuan ke 1 Pengamatan penulis dari 40 orang guru dalam pertemuan ke 1 siklus II ini terjadi peningkatan kompetensi pedagogik guru-guru mencapai 80% telah memiliki administrasi mengajar kemudian guru-guru merasa ada pembinaan kepada mereka dan mendapat masukan atau mitra kerja dalam mempersiapkan perangkat mengajar. Peretmuan ke 2 Menunjukkan kebolehan mereka dalam mengajar artinya termotivasi dari setiap pertemuan yang penulis lakukan. Hasil persentase dalam menerapakan strategi pembelajaran mencapai 85%.
Kata Kunci: Supervisi kelas dan Kegiantan Guru
Post a Comment
Post a Comment