-->

Ads 720 x 90

Fiksioner Free Blogger Theme Download

Mengapa Banyak Orang Merasa Kebal dari COVID-19?

Baca semua artikel berita seputar coronavirus (COVID-19) di sini.

Berbagai kebijakan telah diterapkan demi mencegah penularan COVID-19. Pemerintah beberapa kota bahkan bertindak tegas dalam membatasi kegiatan warga di wilayahnya. Namun, di tengah upaya pencegahan yang sedemikian besar, ternyata tak sedikit yang masih mengabaikan peraturan tersebut dan merasa kebal dari COVID-19.

Orang-orang yang merasa kebal dari COVID-19 sebetulnya tidak kekurangan informasi tentang pandemi ini. Mereka sedang mengalami fenomena psikologis yang umum, tapi sering kali jarang disadari. Simak informasi berikut untuk memahami fenomena yang dimaksud serta cara mengatasinya.


Mengapa ada orang yang mengabaikan bahaya COVID-19?
psikologi kerumunan mudah terprovokasi di keramaian
Ada pandemi maupun tidak, perlu diakui bahwa orang-orang biasanya baru mematuhi anjuran kesehatan bila mengetahui dirinya berisiko sakit. Jika tidak, mereka cenderung bersikap seperti biasa tanpa menyadari bahaya yang mengancam.

Akhir-akhir ini, laporan tentang pelanggaran social distancing mungkin lebih banyak diisi oleh kaum dewasa muda. Tidak heran, sebab sejak wabah coronavirus muncul pertama kali, Anda sudah diberitahu bahwa yang paling rentan tertular COVID-19 adalah lansia.

Meskipun hal ini benar, ada dampak negatif yang ikut muncul bersamanya. Tidak sedikit orang dewasa muda yang akhirnya merasa kebal dari COVID-19 karena menganggap dirinya sangat sehat. Padahal, tidak ada satu orang pun yang kebal dari penyakit ini.

Fenomena ini sebetulnya tidak cuma terjadi dalam pandemi. Catherine Potard, psikolog dari University of Angers, Prancis, membuat sebuah penelitian dengan rekan-rekannya. Mereka meneliti perilaku berkendara sambil mabuk pada orang dewasa muda.

Update Jumlah Sebaran COVID-19
Negara: Indonesia
Peta Penyebaran
Data Harian
6,760
Terkonfirmasi
747
Sembuh
590
Meninggal Dunia
Penelitian mereka mengacu pada Teori Perilaku yang Direncanakan (TPB). Menurut teori ini, perilaku Anda bisa diprediksi dari tujuan Anda. Namun, tujuan Anda pun dapat dipengaruhi oleh tiga faktor, yakni sikap, pendapat orang lain, dan seberapa yakin Anda bisa mengontrol diri.

Menurut Potard, teori TPB memiliki kekurangan, yakni tidak membahas risiko. Peserta penelitian Potard tahu bahayanya menyetir sambil mabuk, tapi mereka sangat percaya diri tidak akan mengalami kecelakaan. Padahal, risiko kecelakaan amat besar bila Anda menyetir sambil mabuk.

Pada kasus pandemi COVID-19, banyak orang merasa kebal karena usianya masih muda. Sebagian besar orang dewasa muda juga tidak menderita penyakit seperti lansia sehingga menganggap dirinya ‘terlalu sehat’ untuk terjangkit COVID-19.

Faktanya, siapa pun bisa tertular COVID-19 jika tidak melakukan upaya pencegahan. Anda bahkan dapat tertular dari pasien yang tidak menunjukkan gejala, atau melalui sentuhan dengan barang yang terkontaminasi virus.

coronavirus dan perokok

Mengapa banyak yang tidak mematuhi social distancing?
Meski pemerintah dan tenaga medis giat mengampanyekan social distancing, laporan terkait warga yang beraktivitas di tengah keramaian masih beredar. Ada yang memang terpaksa karena harus mencari nafkah, tapi ada pula yang sengaja mencari hiburan.

Para ilmuwan menyebut perilaku ini sebagai reaktansi psikologi. Reaktansi dapat terjadi ketika seseorang merasa kebebasannya direnggut. Dalam hal ini, banyak orang merasa kehilangan kebebasan setelah penerapan social distancing dan lockdown.

Saat seseorang merasa kebebasannya direbut, ia cenderung berusaha mengambilnya kembali. Sebagai contoh, ketika seorang anak dilarang berlarian di lantai licin, ia justru merasa penasaran dan malah melakukan hal yang dilarang.

Pada kasus COVID-19, ketika seseorang atau sekelompok warga diminta untuk tetap di rumah, mereka malah merasa tidak bebas dan ingin bepergian. Mereka pun tidak cuma mengabaikan anjuran tenaga medis, tapi juga melakukan kegiatan sebaliknya yang bisa meningkatkan risiko penularan.

Cara menghadapi orang-orang yang merasa kebal dari COVID-19
Menjaga jarak saat etika batuk
Reaktansi psikologi merupakan perilaku yang sangat umum. Anda pun mungkin saja pernah melakukannya tanpa sadar. Bahkan, perilaku seperti ini terkadang juga terlihat lucu ketika dilakukan oleh anak-anak.

Akan tetapi, mengabaikan anjuran kesehatan di tengah pandemi justru membahayakan diri Anda dan orang-orang yang Anda sayangi. Keinginan untuk melawan aturan social distancing yang tampaknya sederhana malah bisa memperparah penyebaran wabah.

Jika orang-orang terdekat Anda tidak mau melakukan upaya pencegahan, coba atasi dengan sering memberikan mereka informasi mengenai COVID-19. Berikan pula kabar terbaru tentang para pasien yang sakit parah dan harus dirawat intensif di rumah sakit.

Mitos atau Fakta: Sinar Matahari Mampu Membunuh COVID-19?



Berikan informasi yang membuat mereka sadar bahwa COVID-19 mengintai semua orang. Walaupun mereka merasa sehat, tidak ada orang yang benar-benar kebal dari COVID-19.

Anda bisa menjadi contoh yang baik dengan mencuci tangan, menjaga kesehatan, dan menerapkan social distancing. Berikan pengertian bahwa semua ini bukan hanya untuk mereka, tapi juga orang-orang yang mereka cintai.

Sumber: https://hellosehat.com/coronavirus/covid19/mengapa-orang-merasa-kebal-covid-19/

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter