KONSTRUKTIF RANCANGAN KEGIATAN AKTUALISASI NILAI DASAR TERHADAP PROBLEM SOLVING PESERTA LATSAR CPNS
GOLONGAN III DI BPSDM ACEH TAHUN 2019
Oleh:
Zulfendi 1***) dan Effendy J. Jaraputra 2***)
Widyaiswara Madiya BPSDM Aceh, jl T. P. Polem Banda Aceh
Abstrak. Penelitian ini bertujuan, untuk mengetahui tingkat singkronosasi kontruksi rancangan kegiatan inovasi peserta laksar golongan III dari Januari - Juni 2019 di BPSDM Aceh Metode penelitian kajian analitis terhadap laporan hasil aktualisasi nilai dasar di tempat tugas dalam mengatasi core isu berdasarkan USG, Jumlah sampling sebanyak 120 laporan hasil dari 4 klas peserta latsar golongan III di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM), didapati hasil evaluasi rancangan peserta diklat dasar golongan III di BPSDM Aceh Tahun 2019. didapati Hasil penelitian, dari 120 peserta, sebanyak 62 laporan hasil (51 %) rancangan kegiatan aktualisasi tidak singkron terhadap problem solving core isu yang diaktualisasi di tempat tugas masing-masing, 16 laporan hasil kegiatan (13 %) kurang singkron dengan hasil diagnostik reading dengan rancangan kegiatan miliston, dari 32 ( 37 %) singron dengan problem solving core isu di tempat tugas masing-masing. Kesimpulan, Sebanyak 60 (51 %) implementasi rancangan kegiatan tidak singkron dengan hasil diagnostik reading problem solving di tempat tugas masing-masing. Pembahasan, peserta dalam menyusun rancangan diduga melakukan plagiat rancangan dan laporan hasil aktualisasi, terjadi pada profesi yang sama pada peserta latsar bulan Januari sampai Juni 2019 Saran, Penyelenggara agar segera menyusun strategi bersama coach dan mentor untuk mengurangi tingkat plagiat konstruksi cara berpikir metode menyusun rancangan problem solving diklat dasar golongan III di BPSDM Aceh tahun 2019, khususnya pada saat peserta menentukan masalah pokok, penyebab masalah, solusi cara mengatasi masalah dan cara menemukan kegiatan inovasi, penunjukan coach dan penguji yang professional terhadap metode pembelajaran latsar problem solving, untuk mengarahkan konstruksi cara berpikir peserta dalam menyusun kegiatan inovasi terkait Pelayanan publik, manajemen ASN dan WoG terhadap masalah poko diinstansinya.
K
Post a Comment
Post a Comment