MENINGKATKAN NILAI SISWA PADA MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN MELALUI
PENERAPAN GROUP RESUME SISWA
KELAS XII-IPA DI SMA NEGERI 1 LEUPUNG
TAHUN PELAJARAN 2016/2017
2016/2017
Oleh
Aniar, S. Pd***)
(Guru Kimia SMAN 1 Leupung Kabupaten Aceh Besar)
Abstrak. Penerapan group resume pada pelajaran kimia merupakan usaha guru dalam memperbaiki nilai belajar siswa dan meningkatkan nilai belajar siswa. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah mengetahui penerapan model group resume dapat meningkatkan nilai siswa dalam mempelajari materi sifat kologitif kelas XII-IPA di SMAN 1 Leupung Tahun Pelajaran 2016/2017. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII-IPA berjumlah 20 orang siswa. Prosedur penelitian tindakan kelas ini yaitu menerapkan sistim II siklus yaitu di awali dengan perencanaan, pelaksanaaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil pengamatanmenunjukkan bahwa aspek kogniktif mencapai nilai 15,28 % nilai aspek afektif juga mencapai 19,24 % sedangkan nilai psikomotor juga mencapai 19, 24 %. Siklus I pertemuan 1 dengan nilai rata-rata 43,19. Sedangkan pada pertemuan ke 2 aspek kognetif mencapai 60,19dan nilai klasikal 60,66%. pada siklus II pertemuan 1 menunjukkan bahwa nilai ketuntasan mencapai 72,63%, sedangkan nilai rata-rata pengamatan pada aspek kognetif 72,44Sedangkan pada pertemuan ke 2 mencapai 88,67 % nilai ini telah mencapai indikator < 75% dengan katagori Baik.
Post a Comment
Post a Comment